Introduction

"Langkah Utama Untuk Sukses Adalah Memiliki Impian Yang Kuat" -Picasso-

Senin, 29 Maret 2010

ATESTASI

Kantor-kantor akuntan public yang ada saat ini dapat memberikan jasa-jasa penjaminan salah satunya adalah jasa atestasi. Jasa atestasi adalah jenis jasa penjaminan yang di lakukan kantor akuntan public dengan menerbitkan suatu laporan tertulis yang menyatakan kesimpulan tentang keandalan pernyataan tertulis yang dibuat oleh pihak lain.
Ada tiga bentuk jasa atestasi yaitu :
• Audit atas Laporan keuangan Historis
• Review atas laporan keuangan Historis
• Jasa atestasi lainnya.

Audit atas laporan keuangan histories
Audit atsa laporan keuangan histories adalah salah satu bentuk jasa atestasi yang dilakukan auditor, dalam pemberian jasa ini auditor menerbitkan lapoaran tertulis yang berisi pernyataan pendapat apakah laporan keuangan telah disusunsesuai prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Review atsa laporan keuangan histories
Review atas laporan keuangan histories adalah jenis lain dari jasa atestasi, yang diberikan kantor-kantor akuntan public, banyak perusahaan non public menginginkan jaminan atas laporan keuangannya dengan biaya murah, audit atas laporan keuangan menghasilkan jaminan yang tinggi sedangkan review disini hanya menghasilkan jaminan yang moderat atas laporan keuangan, dan untuk mendapatkan jaminan demikian ibutuhkan bukti yang lebih sedikit, reviw untuk keperluan tertentu dipandang sudah cukup memadai dan dapat dilakukan oleh akuntan public dengan biaya pemeriksaannya lebih murah

Jasa Atestasi lainnya
Selain jasa audit dan review, kantor akuntan publik juga memberikan jasa atestasi lainnya yang biayanya merupakan perluasan dari audit atas laporan keuangan, ini dikarenakan para pamakai laporan keuangan membutuhkan jaminan indipenden tentang informasi lainnya, misalnya bank sering minta kepada debiturnya untuk diperiksa akuntan pubilik agar mendapatkan jaminan bahwa debitur telah melaksankan ketentuan-ketentuan tertentu ayang tercantum dalam akad kridit, contoh lainnya yakni penjaminan mengenai pengendalian intern dan jasa atestasi atas laporan keuangan prospektif.

IAI menerbitkan empat macam standar professional sebagi aturan mutu pekerjaaan akuntan public. Salah stunya adalah standar atestasi yang memberikan rerangka untuk fungsi atestasi bagi jasa akuntan public yang mencakup tingkat keyakinan tertinggi yang diberikan dalam jasa auditing diatas laporan keuangan histories maupun tingkat keyakinan yang lebih rendah dalam jasa nonaudit. Standar atestasi ini terdiri ari 11 standar dan di rinci dalam bentuk Pernyatan Standar Atestasi (PSAT).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment yuk....